Sunday , 17 December 2017
Breaking News

Seni & Budaya

Seni & Budaya

Ciri yang Melekat dalam Pemerintahan Nagari

ciri minangkabau2

Oleh Irman. Demokrasi telah tumbuh sejak lama di ranah Minang, sebagaimana dalam sistem adat dan sistem pemerintahan Nagari yang demokratis dengan prinsip Tungku Tigo Sajarangan. Di sini terbukti memberikan konfirmasi bahwa demokrasi sudah berkembang di tengah-tengah masyarakat Minangkabau di Sumbar. Dengan demikian sebetulnya perpaduan dalam unsur-unsur penting peraturan adat dan peraturan negara (peraturan perundang-undangan pemerintah) serta norma agama yang berjalan, ... Read More »

Kartini atau Rohana

Oleh : Asmanidar, Pemerhati sosial dan Perempuan Besok, kita akan memperingati hari Kartini. Hari tersebut merupakan tanggal lahir perempuan pada 21 April 1879, yang selama ini dijadikan sebagai titik tolak untuk inspirasi dan kekuatan moral bagi kaum perempuan di Indonesia. Lahirnya Raden Ajeng Kartini yang dijadikan sebagai srikandi Indonesia yang begitu dipuja. Sungguh luarbiasa, seorang Kartini melalui kumpulan surat-menyuratnya “Habis ... Read More »

Banyak Pihak Kecewa Rohana Gagal Jadi Pahlawan Nasional

PADANG- Gagalnya Rohana Koeddoes menerima anugrah pahlawan nasional tahun ini, orang yang paling kecewa adalah Basril Basyar, ketua PWI Sumatera Barat. Bagaimanapun, perjuangannya bersama PWI dan Himpunan Wanita Karya (HWK) sebuah organisasi wanita menyelenggarakan seminar Rohana Koeddoes bulan Mei lalu seolah tak ada artinya. ”Saya adalah orang yang paling kecewa. Sangat kecewa. Kami sudah mencoba maksimal memenuhi persyaratan yang seharusnya ... Read More »

Syair Mesjid Kotogadang

Sebuah karya sastra melayu klasik “didaktis instruktif” kembali mengukir lembaran website Kotogadang kali ini yang dikemas dalam bentuk syair. Syair adalah salah satu karya sastra melayu klasik yang tergolong puisi. Pada sebuah karya sastra melayu klasik syair yang dituliskan oleh pengarang adalah ungkapan nyata perasaan hatinya atau suasana yang sedang dirasakan untuk mengawali cerita. Sajoe hatikoe boekan seperti Goendah goelana ... Read More »

Otonomi Daerah dan Kebangkitan Nagari

* Ciri yang Melekat dalam Pemerintahan Nagari Oleh Irman Demokrasi telah tumbuh sejak lama di ranah Minang, sebagaimana dalam sistem adat dan sistem pemerintahan Nagari yang demokratis dengan prinsip Tungku Tigo Sajarangan. Di sini terbukti memberikan konfirmasi bahwa demokrasi sudah berkembang di tengah-tengah masyarakat Minangkabau di Sumbar. Dengan demikian sebetulnya perpaduan dalam unsur-unsur penting peraturan adat dan peraturan negara (peraturan ... Read More »

Ninik Mamak Intelektual

Oleh Marthias D Pandoe, Wartawan Senior . KALAU ada gelar penghulu yang sudah lamo talatak, pusako lamo nan talipek, mati batungkek budi atau pun iduik bakarilahan, maka apabila kondisi dan situasi sudah mengizinkan, diangkat penggantinya. Calon dipilih secara demokratis oleh seluruh anak buah yang akil-baligh lelaki-perempuan di bawah payung panji beliau. Talipek, karena payung panjinya sudah lama wafat. namun belum ... Read More »

Eksistensi Ulama dan Pengulu

ulama dan penghulu

Oleh Duski Samad, Dosen Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang. Setelah mengikuti Kongres Kebudayaan dan Apresiasi Seni Budaya Minangkabau yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Pemprov Sumbar, di Inna Muara, 29-30 November 2006 lalu, ada sesuatu yang masih menggelitik untuk disampaikan. Helat budaya yang cukup bergengsi dan diikuti oleh berbagai elemen penting anak nagari, tidak saja menampilkan sosok ragam budaya ... Read More »

Keindahan Songket Tua Minangkabau

songket

Saat ini, ketika orang di Jakarta berbicara mengenai songket, umumnya yang akan muncul adalah songket dari Palembang. Mungkin karena Palembang memiliki artisan dan pedagang songket yang giat mempromosikan songket daerah itu di Ibu Kota. Karena itu, pameran Revitalisasi Songket Minangkabau di Galeri Cemara 6 di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta, yang berlangsung sampai Kamis (23/11) membangkitkan rasa ingin tahu tentang perkembangan ... Read More »

Scroll To Top