Friday , 20 October 2017
Breaking News

Kaba Kampuang

Kaba Kampuang

Ramainya Kotogadang….

Datuk Rangkayo Basa-0

Dipenghujung tahun 2013 ini, Kita semua yang pulang kampung, dapat merasakan betapa bergairahnya kehidupan di Kotogadang, khususnya pada saat agenda besar Nagari yaitu kegiatan Batagak Panghulu dimana rangkaian kegiatan di Kotogadang mulai tanggal 28 November sampai tanggal 3 Desember 2013.  Tak terasa betapa ramainya kehidupan saat itu, mengingatkan penulis pada tahun-tahun 1980-an setiap acara Manutuik Rayo di Kotogadang. Betapa tidak, keramaian ... Read More »

DEK SUNGSANG BIN MANYAMPILANG

oleh : Luthy. Ada gempa mahadahsyat di Aceh. Masjid utuh tapi banyak rumah yang runtuh. Sedangkan kejadian gempa di Sumatera Barat, rumah utuh tapi masjid banyak yang rubuh. Satu di antaranya, Masjid Tapi di Kotogadang. MAKA bertanyalah orang kepada Engku Labai tentang makna musibah ini. Sang Labai menjawab dengan pertanyaan pula: “Lai juo rumah Allah di kampuang angku tu?” “Lai,” ... Read More »

Kotogaang Berduka Lagi

kgdberduka

Allahuakbar… Allahuakbar Ampunilah kami ya Allah Maafkanlah kami ya ALlah Ampunilah generasi Kotogadang yang lemah dan tidak berdaya ini… Untuk rumahMu yang suci kami belum bisa membangunnya Kesombongan yang membuat kami khilaf Kekuasaan yang manjadikan kami lupa diri Karena keangkuhan banyak kerja terbengkalai Karena kearoganan banyak bahan jadi mubazir dan terbuang percuma… Kami malu ya Allah Kami malu dengan diri ... Read More »

KATITIRAN DIUJUANG TANDUAK

KATITIRAN

Waktu berjalan begitu cepat… terasa baru kemaren aku melihat Angku Pakiah di surau Hilia mengaji sementara kami bermain dihalaman mesjid berlarian kesana kemari. Terasa baru juma`at kemaren Angku Imam dimesjid Tapi berkhotbah diatas mimbar, sementara kami bercanda dengan berbisik-bisik di barisan belakang jemaah ju`mat. Tidak ada satupun dari kita bisa menahan WAKTU. Hari ini tanggal 30 januari 2008 disuatu tempat ... Read More »

Ngarai Sianok Objek Wisata Terbaik Sumbar 2007

Ngarai Sianok

PADANG—MEDIA: Panorama Ngarai Sianok di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, terpilih sebagai Objek Wisata Terbaik di Sumbar dan meraih penganugerahan Padang Tourism Award 2007, karena mampu cepat pulih pascakerusakan berat akibat gempa 6,4 SR Maret 2007. “Ngarai Sianok pantas menjadi yang terbaik, karena pengelola, pelaku dunia wisata, dan pemerintah daerah setempat cepat melakukan pembenahan pascaruntuhnya tebing-tebing ngarai oleh gempa, ... Read More »

Suksesnya Pencairan Bantuan Korban Gempa Tergantung Kebenaran Data

batuan gempa

Agam, Singgalang . Sukses atau tidaknya pencairan dana bantuan korban gempa Maret lalu, tergantung pada kebenaran data, terutama soal data rumah masyarakat yang rusak serta infrastruktur lainnya. Guna menghin­dari adanya kekeliruan data, mesti dilakukan sosialisasi dan pengumuman terhadap calon penerima bantuan. Untuk masalah ini, Pemkab Agam tidak menginginkan saat di­cairkannya dana bantuan bencana ditemukan kekeliruaan data. Dampak dari data yang ... Read More »

PP 84/99 Bisa Berimbas Pemekaran

pemekaran-wilayah

Lubukbasung, Padek–Polemik rencana pelaksanaan PP 84 tahun 1999 tentang perluasan Kota Bukittinggi yang mengambil wilayah potensial Kabupaten Agam kian menghangat. Pemerintah pusat melalui Mendagri meminta Kabupaten Agam bersikap dalam waktu sepekan dan segera melaporkannya ke Depdagri. Sumber Padang Ekspres di Depdagri menyebutkan, hasil pertemuan Bupati Agam Aristo Munandar dan Wali Kota Bukittinggi Djufri dengan Dirjen PUM Depdagri disebutkan, Agam diberi ... Read More »

Scroll To Top