Sunday , 17 December 2017
Breaking News

About Us

Penasehat: Ninik Mamak Penghulu Nan XXIV

Penanggung Jawab: Walinagari

Pemimpin Redaksi: ……………

Wakil Pemimpin Redaksi: ……………..

Staf Redaksi:

Kotogadang

  • ……………..

Rantau

  • ……………..i

Datuk Malekewi

Dt Malekewi-0

Pada tanggal 28 November telah dilangsungkan Acara Bakampuangan Ketek di Rumah Gadang Kaum Datuk Malekewi Suku Guci-Piliang Kanagarian Kotogadang jo Sudisiasek e Aditiawarman Bagindo Malekewi tanggal 1 Desember 2013 di Balai Adat Kanagarian Kotogadang. Foto diatas diambil pada saat penyerahan SK Ninik Mamak Panghulu Nan XXIV tanggal 1 Desember 2013 di Balai Adat Kanagarian Kotogadang yang berisikan persetujuan untuk e. Aditiawarman ... Read More »

Datuk Rangkayo Basa

Dt Rangkayo Basa-1

Pada tanggal 29 November 2013 dan 1 Desember 2013, telah dilangsungkan Acara Batagak Panghulu b.e Brigjen Pol Drs. H. Boy Rafli Amar, SH, MH Datuk Rangkayo Basa di Rumah Gadang Kaum Datuk Rangkayo Basa Suku Koto Kanagarian Kotogadang. Penulis : Mastrialdi (Dedi) Sutan Maruhun Diatjeh Read More »

Datuk Tan Mangedan

Dt Tan Magedan-5-0

Pada tanggal 30 November dan 2 Desember, telah dilangsungkan Acara Batagak Panghulu b.e H. Rosman Ifzan Datuak Tan Mangedan di Rumah Gadang Kaum Datuk Tan Mangedan Suku Sikumbang Kanagarian Kotogadang. Penulis : Mastrialdi (Dedi) Sutan Maruhun Diatjeh Read More »

Ramainya Kotogadang….

Datuk Rangkayo Basa-0

Dipenghujung tahun 2013 ini, Kita semua yang pulang kampung, dapat merasakan betapa bergairahnya kehidupan di Kotogadang, khususnya pada saat agenda besar Nagari yaitu kegiatan Batagak Panghulu dimana rangkaian kegiatan di Kotogadang mulai tanggal 28 November sampai tanggal 3 Desember 2013.  Tak terasa betapa ramainya kehidupan saat itu, mengingatkan penulis pada tahun-tahun 1980-an setiap acara Manutuik Rayo di Kotogadang. Betapa tidak, keramaian ... Read More »

Salam dari Urang Dapua….

Mastrialdi-1

Ass Wr Wb para dunsanak sekalain, Pada kesempatan ini perkenankan Kami untuk menyampaikan kaba tentang perubahan dari web site kita ini. Kami berusaha menampilkan pembaharuan dan penyegaran terhadap layout maupun isi dari pada web site ini. Perlu Kami sampaikan bahwa website Kotogadang ini sekarang bisa diakses oleh umum maupun diakses oleh member. Adapun perbedaannya adalah, pada akses member terdapat informasi-informasi ... Read More »

BADAN METEOROLOGI DAN GEOFISIKA

bmkg

BERITA GEMPABUMI No. : 93 /NSC/III /2007 1. Telah terjadi GEMPABUMI TEKTONIK Pada hari : Selasa, 6 Maret 2007 Waktu gempa : 12:49:29 WIB Pusat gempa : 0.47 LS – 100.49 BT Kedalaman : 23 Km Kekuatan : 5.8 Skala Richter Keterangan : Pusat gempa berada di darat 11 km BaratDaya Batu Sangkar – Sumatera Barat Dirasakan disekitar: Padang : ... Read More »

Ciri yang Melekat dalam Pemerintahan Nagari

ciri minangkabau2

Oleh Irman. Demokrasi telah tumbuh sejak lama di ranah Minang, sebagaimana dalam sistem adat dan sistem pemerintahan Nagari yang demokratis dengan prinsip Tungku Tigo Sajarangan. Di sini terbukti memberikan konfirmasi bahwa demokrasi sudah berkembang di tengah-tengah masyarakat Minangkabau di Sumbar. Dengan demikian sebetulnya perpaduan dalam unsur-unsur penting peraturan adat dan peraturan negara (peraturan perundang-undangan pemerintah) serta norma agama yang berjalan, ... Read More »

Menuju Pelestarian Kawasan Pusaka Nagari Kotogadang

1. Pelestarian Kawasan Pusaka Pengertian pelestarian atau konservasi, dari kata conservation, sebagai suatu upaya untuk mempertahankan tetapi sekaligus dapat menerima adanya perubahan. Pelestarian adalah upaya untuk menjaga kesinambungan yang menerima perubahan dan/atau pembangunan. Hal ini bertujuan untuk tetap memelihara identitas dan sumber daya lingkungan dan mengembangkan beberapa aspeknya untuk memenuhi kebutuhan modern dan kualitas hidup yang lebih baik. Perubahan yang ... Read More »

DEK SUNGSANG BIN MANYAMPILANG

oleh : Luthy. Ada gempa mahadahsyat di Aceh. Masjid utuh tapi banyak rumah yang runtuh. Sedangkan kejadian gempa di Sumatera Barat, rumah utuh tapi masjid banyak yang rubuh. Satu di antaranya, Masjid Tapi di Kotogadang. MAKA bertanyalah orang kepada Engku Labai tentang makna musibah ini. Sang Labai menjawab dengan pertanyaan pula: “Lai juo rumah Allah di kampuang angku tu?” “Lai,” ... Read More »

Memahami Hukum Adat Bersendi Syari’at

islam

MEMAHAMI ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH DALAM RENTANGAN SEJARAH MASA DOELOE DAN SEKARANG DINAMIKA PERILAKU GENERASI MUDA MINANGKABAU Oleh :H. Mas’oed Abidin MUKADDIMAH Membina perilaku beradat di dunia Melayu, khususnya Minangkabau sudah menjadi kerja utama sepanjang masa. Dalam rentang sejarah yang panjang sudah tampak penyiapan sarana surau dan lembaga pendidikan anak negeri di dalam kaum, dusun, taratak dan nagari. ... Read More »

Scroll To Top