Friday , 20 October 2017
Breaking News
Bupati Agam Aristo Munandar Bicara Potensi Daerah, Kampung Memproduksi, Rantau Memasarkan

Bupati Agam Aristo Munandar Bicara Potensi Daerah, Kampung Memproduksi, Rantau Memasarkan

Potensi daerah Kabupaten Agam yang sangat lengkap membutuhkan peran maksimal dari kalangan perantau untuk mengembangkannya. Semangat barek sapikua , ringan sajinjiang serta program peduli kampuang yang sejak lama dikumandangkan pemerintah Kabupaten Agam menjadi catatan penting yang selama ini menjadi motivasi luar biasa bagi Pemkab Agam untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Secara spesifik, kekayaan potensi alam yang komplit didominasi potensi wisata yang didalamnya bisa dikembangkan berbagai aktivitas ekonomi diakui masih belum berkembang optimal sesuai harapan. Namun, arah pengembangan yang dibuktikan dengan peran perantau serta kegiatan ekonomi yang sudah dilaksanakan beberapa tahun terakhir telah memperlihatkan perubahan cukup signifikan. Bupati Agam H.Aristo Munandar kepada Padang Ekskpres menyebutkan, tim ekonomi yang dibentuk Pemkab Agam mampu melakukan terobosan di berbagai lini bahkan sudah sukses meletakkan berbagai konsep penting yang beberapa waktu ke depan bisa menjadi tonggak kegiatan ekonomi yang mengarah pada upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Aristo Munandar mengaku, pihaknya bersama jajaran terkait di Pemkab Agam lebih memprioritaskan kokohnya pondasi, konsep dan strategis ekonomi untuk pengembangan ekonomi sejak dini. Karena dengan konsep dan strategi yang jelas dan terarah tersebut akan memudahkan pemerintah, kalangan usaha dan berbagai komponen lain untuk menggarap berbagai potensi yang dimiliki daerah. Diakui, untuk memperkokoh pondasi tersebut butuh kajian dan pembahasan yang matang, termasuk upaya pendekatan yang dilakukan dengan berbagai pihak, terutama kalangan perantau Kabupaten Agam.

Aristo Munandar selaku bupati Agam mengaku bangga karena para pengusaha sukses dan saudagar Minang yang beberapa waktu lalu menggelar hajatan dan silaturrahmi serta mempersiapkan program pengembangan potensi ekonomi daerah – justru didominasi perantau dan saudagar asal Kabupaten Agam. Hal itu disebutkannya sebagai kekuatan luar biasa bagi masyarakat Kabupaten Agam untuk mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi yang selama ini sudah dipersiapkan. “Bahkan kita secara khusus melakukan bahasan dengan saudagar Minang asal Kabupaten Agam dalam silaturrahmi saudagar Minang (SSM) lalu dan mendapat respons positif serta menghasilkan beberapa kesepakatan penting untuk membangun Agam secara utuh,” tegasnya optimis.

Aristo Munandar meyakinkan, potensi perantau Agam yang luar biasa sudah mempersiapkan program pendukung untuk pengembangan potensi daerah. Saat ini justru pemerintah bersama masyarakat Agam dituntut untuk mempersiapkan diri. Walau belum mengecurut secara spesifik berkait program pengembangan potensi ekonomi daerah. Namun jajaran terkait Pemkab Agam sudah mempunyai kesamaan visi dengan kalangan perantau untuk memadukan kekuatan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Potensi yang kini menjanjikan, terutama bidang pariwisata, perkebunan, kerajinan, industri menengah-kecil, perikanan darat-laut, pertanian, peternakan dan lainnya – kini dalam pembahasan serius untuk diolah maksimal sesuai program yang sudah disusun. Bupati Agam Aristo Munandar menyebutkan, pihaknya sudah satu visi dengan kalangan perantau dan saudagar asal kabupaten Agam , untuk membantu pengembangan potensi ekonomi di daerah. “ Kampuang memproduksi , rantau memasarkan, itu komitmen awal yang akan digarap lebih maksimal,” ulasnya.

Produksi di kampung halaman saat ini sudah cukup banyak, terutama hasil perkebunan sayur di wilayah Timur Agam, produksi ikan air tawar di danau Maninjau, industri kerajinan sulaman di IV Angkek, pandai besi di Sungaipuar dan berbagai potensi lain diharapkan didukung oleh pasar yang kuat di perantauan yang didukung para perantau dan saudagar asal Agam itu. Selain itu, diharapkan perantau memberi dukungan dan investasi usaha di kampung halaman, mengingat luar biasanya potensi wisata daerah, seperti danau Maninjau, potensi laut Tanjung Mutiara, Ambun Pagi, Puncak Lawang, Gunung Merapi-Singgalang, Ngalau Kamang dan potensi lain.

“Potensi wisata Agam sangat menjanjikan karena menjadi objek kunjungan Internasional oleh para wisata dari berbagai daerah di nusantara dan warga negara asing,” ulas Aristo. Selain itu, potensi perkebunan di wilayah Barat Agam sampai ke Palupuah sangat menjanjikan jika digarap lebih maksimal, apalagi saat ini potensi yang dimiliki sudah menjadi bagian penting untuk pendapatan asli daerah dan ekonom masyarakat. Sebelumnya, dukungan kalangan perantau pada masyarakat di kampung halaman sendiri sangat luar biasa hanya saja butuh strategi dan arah yang lebih fokus.

Sehingga program ekonomi tak hanya untuk pengembangan potensi yang dimiliki Agam, tapi secara khusus bisa mendorong upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat seiring program pengentasan kemiskinan berbasis mesjid yang sudah digelar setahun terakhir. Aristo optimis dengan agenda yang disusun sekaligus persiapan yang sedang dilakukan unsur terkait di Pemkab Agam – program yang sudah dibahas bersama kalangan perantau itu bisa terealisasi. “Potensi daerah Agam sangat menjanjikan namun butuh dukungan berbagai komponen masyarakat untuk merealisasikannya , kita sangat berharap akan dukungan itu,” tegas Aristo Munandar lagi. (***)

Sumber: Padang Ekspres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top