Thursday , 12 December 2019
Breaking News
Gempa Padang Dipicu Pergerakan Segmen Singkarak

Gempa Padang Dipicu Pergerakan Segmen Singkarak

JAKARTA, KCM – Gempa besar yang mengguncang Padang dan sekitarnya hari ini dipicu pelepasan energi di patahan Sumatera (sesar Semangko) yang melalui segmen Singkarak. Demikian disampaikan Dr. Danny Hilman Natawijaya, ahli gempa dari lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Gempa terjadi di darat pada patahan Sumatera, segmen yang bergerak di Singkarak,” ujar Danny, saat dihubungi KCM melalui telepon, Selasa (6/3). Di wilayah tersebut memang sudah lama tidak terjadi gempa besar sehingga kemungkinan baru dilepaskan energinya sekarang.

Ia menambahkan, patahan Sumatera yang memanjang di sepanjang Pulau Sumatera bergerak sekitar 1 centimeter setiap tahun akibat desakan lempeng Indo Australia kepada lempeng Eurasia. Bagian barat bergerak ke selatan dan bagian timur bergerak ke utara. Jika lama tak terjadi gempa besar, artinya sedang terjadi pengumpulan energi di patahan.

Sementara itu, sudah 60 tahunan tidak terjadi gempa besar di segmen Singkarak yang meliputi wilayah di sekitar Danau Singkarak, Sumatera Barat. Menurutnya, gempa besar sebelumnya terjadi tahun 1926 dan 1943. “Segmen di sana sudah bergerak sekitar 60 centimeter sehingga cukup kuat untuk memicu gempa sebesar itu,” tandasnya.

Menurutnya dua gempa yang terjadi tadi pagi, masing-masing 5,8 SR pada pukul 10.49 WIB dan 5,9 SR pada pukul 12.51 WIB merupakan puncak gempa di segmen tersebut. Gempa-gempa susulan dengan kekuatan lebih kecil diperkirakan masih akan terus terjadi.

Penulis: Wah

Sumber: Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top